head web pa

Monitoring Peserta Latsar Mahkamah Agung RI Tahun 2022

Dilihat: 190

Monitoring Peserta Latsar Mahkamah Agung RI Tahun 2022

soirin

Bapak Sakur dari BDK Semarang (tengah kanan) sedang memberikan penjelasan tentang monitoring peserta Latsar CPNS Mahkamah Agung 2022. Bapak Wahidin (tengah kiri), Bapak Sulhan Ariyanto, S.H. (kanan) selaku Sekretaris Pengadilan Agama Tegal sekaligus mentor, Soirin S.I.P. (kiri) selaku peserta Latsar CPNS Mahkamah Agung 2022.

 

Tegal (18/10/2022), bertempat di Pengadilan Agama Tegal, Tim dari Balai Diklat Keagamaan (BDK) Semarang melakukan monitoring terhadap peserta Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Mahkamah Agung (MA) Tahun 2022. Monitoring ini merupakan serangkaian tahapan kegiatan Latsar CPNS MA pada tahun ini yang mana dilaksanakan dengan metode Blended Learning, yaitu memadukan metode pembelajaran offline dengan online. Kegiatan monitoring ini memiliki tujuan untuk memantau sudah sejauh mana peserta Latsar CPNS MA RI pada tahun ini telah melakukan kegiatan aktualisasi pada unit kerja masing-masing. Untuk diketahui, bahwa Aktualisasi merupakan kegiatan utama dalam Latsar yang outputnya adalah perilaku CPNS dan inovasi yang bermanfaat bagi unit kerja itu sendiri.

Hanya berselang satu hari, Tim monitoring dari BDK Semarang melakukan kunjungan kepada peserta Latsar CPNS atas nama Pramudia Gilang Praseda, S.H. yang merupakan CPNS dengan jabatan Analis Perkara Peradilan di Pengadilan Agama Tegal. Kali ini, Tim BDK Semarang yang terdiri dari Bapak Sakur dan Bapak Wahidin melakukan hal yang sama kepada peserta Latsar CPNS MA lainnya atas nama Soirin, S.I.P. yang merupakan CPNS Pengadilan Agama Tegal dengan jabatan Analis Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan.

Pada kesempatan ini, Tim BDK Semarang disambut dengan hangat oleh Sekretaris Pengadilan Agama Tegal Bapak Sulhan Ariyanto, S.H. di ruangan kerja pribadinya. Selain menjabat sebagai Sekretaris, beliau juga merupakan mentor atau pembimbing dari peserta Latsar CPNS MA yaitu Soirin, S.I.P.. Di ruangan yang tidak terlalu lebar tersebut, Sekretaris yang hampir dua tahun menjabat itu mempersilakan tim untuk duduk dan menikmati minuman teh hangat.

Monitoring dimulai dengan kata pembuka yang disampaikan oleh Bapak Sakur. Selanjutnya, dirinya melanjutkan dengan menjelaskan apa yang ingin didapatkan dari kegiatan monitoring tersebut. Bapak Sakur juga menanyakan kendala apa yang dihadapi oleh peserta Latsar CPNS. Selain itu, beliau juga menyebutkan bahwa baik mentor maupun peserta Latsar CPNS harus mengisi instrumen monitoring aktualisasi yang sudah disediakan oleh tim.

Perlu diketahui bahwa Soirin, S.I.P. sendiri memiliki judul aktualisasi yaitu “Optimalisasi Informasi Website Penyampaian Akta Cerai, Salinan Putusan, dan Dokumen Kependudukan bagi Disabilitas”. Hasil dari pelaksanaan aktualisasi tersebut adalah berubahnya tampilan menu dan halaman pada website. Selain itu juga terdapatnya konten informasi tentang pada website disertai video tentang Penyampaian Akta Cerai, Salinan Putusan, dan Dokumen Kependudukan. Fitur suara pada website yang dulunya tidak ada sekarang menjadi ada. Pengunjung website yang disabilitas hanya cukup memblok tulisan pada halaman website dan suara akan muncul sesuai dengan tulisan yang terblok. Terakhir, tata cara penggunaan fitur audio website tersebut disajikan pada menu halaman informasi website Layanan Disabilitas.

Dalam menjalankan aktualisasinya, Soirin S.I.P. mengaku tidak menemui kendala yang signifikan. Harapannya adalah laporan akhir pelaksanaan aktualisasinya dapat selesai tepat waktu sebelum pembelajaran offline dilaksanakan pada tanggal 7 November 2022 mendatang di BDK Semarang. Selain itu, dirinya menginginkan dengan terlaksananya kegiatan Latsar CPNS dan aktualisasi akan membawa manfaat yang lebih luas bagi dirinya maupun unit kerja dimana dia tinggal yaitu Pengadilan Agama Tegal. (Omsoir)

Add comment


Security code
Refresh

e court

Hubungi Kami

  Home Pengadilan Agama Tegal Kelas I. B

  crossroads 23760 Jl. Mataram No. 06 Margadana Tegal - Jawa Tengah

  phone icon Telp  (0283) 323228

  Fax icon Fax. (0283) 323228

 Instagram Pengadilan Agama Tegal

facebookPengadilan Agama Tegal

  email Email :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kami

© 2019 Team TI Pengadilan Agama Tegal

 

w3c html 5 w3c wai AAA