head web pa

Kultum Abdul Jaris Daud : Cara Selamat Dunia Akhirat

Dilihat: 1552

KULTUM ABDUL JARIS DAUD : CARA SELAMAT DUNIA AKHIRAT

1650856855385

Abdul Jaris Daud, S.H. (kanan), Hakim PA Tegal saat menyampaikan Kultumnya dihadapan Jamaah Salat Dzuhur Musholla Almahkamah PA Tegal, Rabu (20/04/22)

 

Tegal I pa-tegal.go.id

Selamat di dunia dan di akhirat merupakan harapan seluruh umat islam. Harapan tersebut terangkum dalam do’a sapu jagat yang dipanjatkan tiap usai salat. Dimana seorang muslim memohon kepada Rabbnya kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta mohon dihindarkan dari pedihnya siksa neraka.

Sebagai ASN maupun PPNPN, Warga PA Tegal dihadapkan beragam godaan duniawi selama menjalankan tupoksinya. Jika tidak tahan dengan godaan tersebut, bisa jadi tidak akan selamat di dunia maupun di akhirat.

Hal tersebut disampaikan oleh Abdul Jaris Daud, S.H. saat Kultum pada Ramadhan kedelapan belas. Rabu (20/04/22). Kultum dihadiri oleh Jamaah Salat Dzuhur Musholla Almahkamah PA Tegal.

Menurut Hakim asal Pulau Buton tersebut, ada cara mudah agar selamat di dunia dan di akhirat. Cukup menghindari apa yang dilarang dan menjalankan kewajiban-kewajiban yang telah ditetapkan.

Menurutnya, hal-hal yang dilarang telah jelas diatur. Begitu juga dengan yang halal. Sedangkan diantara keduanya adalah wilayah abu-abu atau mubah. Untuk itu, ia menyarakan agar Warga PA Tegal menerapkan prinsip kehati-hatian dengan menghindari hal-hal yang mubah.

“Mubah hukum asalnya adalah boleh, namun bisa berubah menjadi makruh atau bahkan haram. Misalnya, makan dan minum makanan yang halal dan baik adalah mubah. Tetapi, jika makanan yang dimakan atau minuman yang diminum tersebut dibeli dari uang hasil korupsi, maka makanan atau minuman tersebut haram”. Tutup Abdul Jaris Daud.

Diakhir Kultumnya, Abdul Jaris mengajak Jamaah Salat Dzuhur untuk merasa cukup dengan gaji dan penghasilan lainnya yang diterima dari negara. Jangan mengharapkan pemberian dari para pihak atau melakukan perbuatan tercela lainnya, seperti korupsi. Untuk itu, iman dan integritas adalah kunci agar selamat di dunia dan akhirat. (t.rom)

Add comment


Security code
Refresh

e court

Hubungi Kami

  Home Pengadilan Agama Tegal Kelas I. B

  crossroads 23760 Jl. Mataram No. 06 Margadana Tegal - Jawa Tengah

  phone icon Telp  (0283) 323228

  Fax icon Fax. (0283) 323228

 Instagram Pengadilan Agama Tegal

facebookPengadilan Agama Tegal

  email Email :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kami

© 2019 Team TI Pengadilan Agama Tegal

 

w3c html 5 w3c wai AAA