head web pa

ORANG-ORANG YANG DIRINDUKAN SURGA MENURUT WKPA TEGAL

Dilihat: 3305

KULTUM RAMADHAN WKPA TEGAL: EMPAT GOLONGAN YANG DIRINDUKAN SURGA

 

WKPA

Wakil Ketua PA Tegal, Aris Setiawan, S.Ag., MH (kiri) didampingi Ketua PA Tegal, Senen, S.Ag., MH (kanan) saat mengisi Kultum Bakda Duhur Rabu kedua bulan Ramadhan 1442 H (21/04/2021 )

 

pa-tegal.go.id I Tegal

Selama ini bukan hanya umat islam saja yang merindukan masuk surga. Ternyata diam-diam, surga pun merindukan umat islam. Hanya saja, tidak semua umat islam yang beruntung dirindukan oleh surga. Secara terbatas surga merindukan empat golongan umat islam.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Pengadilan Agama Tegal, Aris Setiawan, S.Ag., MH dalam Kultumnya dihadapan jamaah shalat duhur Musholla Almahkamah PA Tegal, Rabu (21/04/2021). Jamaah terdiri dari Ketua, Panitera, Sekretaris dan Pegawai Pengadilan Agama Tegal.

Dalam kultumnya, WKPA Tegal mengutip sebuah hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud dan Tirmidzi yang bersumber dari Ibnu Abbas RA yang lengkapnya: Aljannatu Musytaqotun Ila Arba'ati Nafarin, Taalil Qur'an, Wa Haafidzii lisan, Wa Muth'mimul Jii 'an Wa Shooimiina Fi Syahri Romadhon .

Diungkapkan WKPA Tegal, hadis tersebut kurang lebih berarti: “ Surga itu merindukan empat golongan manusia, yaitu orang yang gemar membaca Al-quran, orang yang menjaga lisan dari ucapan keji dan munkar, orang yang memberi makan kepada orang yang kelaparan, dan orang-orang yang berpuasa di bulan ramadan .

Surga merupakan kenikmatan yang sempurna yang disediakan Allah untuk seluruh hambanya yang beriman dan beramal saleh. Ia tidak bisa menemukan keberadaannya, namun ada. Percaya adanya surga merupakan wujud implementasi salah satu rukun iman. Percaya kepada hal-hal yang gaib ” , lanjut Wakil Ketua asli Kabupaten Tegal tersebut.

Lebih lanjut WKPA Tegal mengurai satu persatu empat golongan yang dirindukan surga tersebut. Golongan pertama adalah orang yang gemar membaca alqur'an.

Alqur'an merupakan Kalam Allah yang seluruhnya berisi. Qur'an juga merupakan Alfurqan atau pembeda hal yang haq dan yang batil dan berguna bagi umat Islam sebagai pendukung hidup agar selamat di dunia dan akhirat. Menurut WKPA Tegal, orang yang membaca qur'an satu huruf akan dibalas dengan 10 gambar. Dan kelak di Yaumul Hisab, alqur'an akan menjadi penolong bagi orang yang selalu senang membacanya.

 

Polandia 20210421 141303934

Sebagian jamaah shalat duhur Musholla Almahkamah PA Tegal tampak khusyuk mengikuti Kultum yang dibawakan oleh WKPA Tegal (21/04/2021)

 

Golongan kedua adalah orang yang selalu menjaga lisannya untuk selalu bersikap baik dan bermanfaat. Orang yang selalu menjaga lisannya pasti selalu menjaga diri dari perkataan yang penuh dengan nada caci maki, menghina, menghujat, menggosip atau perkataan yang tidak bermanfaat dan dapat membuat hati kasar. WKPA Tegal menggarisbawahi, jika seseorang tidak bisa berkata baik maka lebih baik diam.

Sedangkan golongan ketiga yang dirindukan surga adalah orang yang gemar memberi makan kepada orang yang kelaparan. Hal ini sesuai dengan Hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Tirmidzi yang berarti Siapa pun kaum mukmin yang memberi makan mukmin lain yang kelaparan, maka pada hari kiamat nanti Allah akan menambah makanan dan buah-buahan surga , papar WKPA Tegal.

Orang - orang yang berpuasa di bulan Ramadhan termasuk dalam golongan keempat orang - orang yang dirindukan surga. Mereka akan masuk dari pintu surga bernama Ar-rayyan. Salah satu pintu surga yang secara khusus diperuntukkan bagi orang-orang yang berpuasa.

Diakhir kultum, WKPA Tegal berharap seluruh jama'ah Musholla Almahkamah PA Tegal termasuk salah satu golongan yang dirindukan oleh surga, karena saat ini sedang melaksanakan puasa Ramadhan.

Dalam Kultum yang dipandu Pupri Cahyono, SH, seluruh jamaah tampak menyimak dengan khusyuk jalannya kultum. Usai kultum selesai, seluruh jamaah melanjutkan amaliyah Ramadhan dengan tadarus alqur'an yang pada minggu kedua Ramadhan 1442 H ini telah memasuki putaran kedua. (t.rom)

Add comment


Security code
Refresh

e court

Hubungi Kami

  Home Pengadilan Agama Tegal Kelas I. B

  crossroads 23760 Jl. Mataram No. 06 Margadana Tegal - Jawa Tengah

  phone icon Telp  (0283) 323228

  Fax icon Fax. (0283) 323228

 Instagram Pengadilan Agama Tegal

facebookPengadilan Agama Tegal

  email Email :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kami

© 2019 Team TI Pengadilan Agama Tegal

 

w3c html 5 w3c wai AAA