head web pa

PEGAWAI PENGADILAN AGAMA TEGAL MENGIKUTI PELATIHAN ORIENTASI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA MAHKAMAH AGUNG RI TAHUN 2023 WhatsApp Image 2023 10 26 at 12.42.49 Berdasarkan surat dari Badan Litbang, Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI Nom

Dilihat: 286

PEGAWAI PENGADILAN AGAMA TEGAL MENGIKUTI

PELATIHAN ORIENTASI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA

MAHKAMAH AGUNG RI TAHUN 2023

 WhatsApp Image 2023 10 26 at 12.42.49

Berdasarkan surat dari Badan Litbang, Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI Nomor 643/Bld/S/10/2023 tanggal 4 Oktober 2023 menugaskan Noor Ulfah Intan Purnamasari, A.Md. untuk mengikuti Pelatihan Orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja tahun 2023. Pelatihan Orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja dilaksanakan secara blended learning dengan rincian sebagai berikut:

  1. Sistem Daring melalui Massive Open Online Course selama 16 hari pada tanggal 25 September s/d 13 Oktober 2023 bertempat di lingkungan Pengadilan Agama Tegal.
  2. Pelatihan luring pada tanggal 18 s/d 25 Oktober 2023 bertempat di Lingkungan Badan Litbang Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI Jalan Cikopo Selatan Desa Sukamaju Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor Jawa Barat.

Pelatihan Orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja diikuti 98 peserta dari seluruh satuan kerja Mahkamah Agung seluruh Indonesia selama 8 hari. Adapun rangkaian kegiatan selama diklat klasikal sebagai berikut:

WhatsApp Image 2023 10 26 at 12.42.49

Rabu pada tanggal 18 Oktober 2023 acara dimulai dengan pembukaan dibuka oleh Plt Kapus Diklat Menpim Bapak Syamsul Arief, SH, MH bertempat di Auditorium Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI. Selanjutnya Plt Kapus Diklat Menpim Bapak Syamsul Arief, SH, MH memberikan overview orientasi PPPK , beliau menyampaikan bahwa keberadaan PPPK diatur didalam ketentuan Undang – Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara pasal 6 menyatakan bahwa ASN adalah PNS dan PPPK. Selanjutnya pemaparan materi tentang Dinamika kelompok oleh Widyaiswara Bapak Ahadad, SH. M.AP. Beliau menyampaikan peserta diharapkan mampu mempraktikan kerja sama dalam membangun tim yang efektif. Pada sesi terakhir pemaparan materi oleh Hakim Tinggi Pusdiklat Hukum dan Peradilan MA RI oleh Bapak Dr. Drs. H. Sirajuddin Sailellah, S.H., M.H.I. tentang Pengenalan Organisasi dan Tatalaksana beliau menyampaikan kunci sukses membangun budaya kerja yaitu komitmen pimpinan dan komitmen kerjasama, dan peningkatan kinerja pelayanan.

Kamis tanggal 19 Oktober 2023 dimulai dengan pemaparan materi tentang Reformasi Birokrasi, Zona Integritas dan Reformasi Birokrasi Tematik oleh Widyaiswara Bapak Dedi Waryoman, S.Sos, M.Si beliau menyampaikan tujuan dari sasaran Reformasi Birokrasi adalah pemerintah yang bersih, akuntabel dan memberikan pelayanan publik yang berkualitas. Pada sesi kedua dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh ibu Sandrayana Sangkala, S.H., M.H. beliau menyampaikan seorang ASN harus memiliki sikap antikorupsi dan nilai integritas agar terhindar dari godaan korupsi.

Jumat tanggal 20 Oktober 2023 pemaparan materi oleh Hakim Yustisial Ibu Rikatama Budiyantie, S.H, M.H Peran dan Kedudukan PPPK. Beliau menjelaskan seorang ASN PPPK memiliki Peran sebagai Perencana, Pelaksana dan Pengawas Tugas. Kemudian sesi kedua dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang Pengenalan Jabatan PPPK oleh Biro Kepegawaian MA RI oleh Bapak Riski Hendrawan,S.Kom. Dalam sesi ini dijelaskan tentang Hak dan Kewajiban PPPK, serta Masa Perjanjian Kerja PPPK.

WhatsApp Image 2023 10 26 at 12.43.48

Sabtu tanggal 21 Oktober 2023 dimulai dengan pemaparan materi oleh Widyaiswara Bapak Dr. Cuhandi, tentang Penerapan Tugas dan Fungsi ASN. Seorang ASN mampu menerapkan tugas dan fungsi nya sesuai dengan core values ASN yaitu Ber AKHLAK yang meliputi Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Dan pada sesi kedua dilanjutkan dengan post test yang diikuti seluruh peserta orientasi PPPK tahun 2023

Pada hari tanggal Senin, 23 Oktober 2023 peserta mendapat pemaparan materi tentang Kepemimpinan Bela Negara oleh Widyaiswara Bapak Ahadad, SH. M.AP beliau menyampaikan bahwa seorang ASN mampu memahami wawasan kebangsaan , menumbuhkembangkan kesadaran bela negara. Selasa, 24 Oktober 2023 seluruh peserta mendapat pelatihan Tata Upacara Sipil oleh Pelatih dari Marinir TNI AL.

WhatsApp Image 2023 10 26 at 12.40.02 WhatsApp Image 2023 10 26 at 12.39.21

Pada hari tanggal Rabu, 25 Oktober 2023 Plt Kapus Diklat Menpim Bapak Syamsul Arief, S.H, M.H. memimpin Upacara Bela Negara Orientasi PPPK yang dilaksanakan di halaman Auditorium Badan Litbang Diklat Kumdil MA RI Megamendung Bogor. Acara dihadiri dan diikuti oleh 98 peserta , Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, Widyaiswara dan Pelatih.

Setelah Upacara, dilanjutkan dengan acara Penutupan Orientasi PPPK bertempat di Auditorium Mahkamah Agung Corporate University. Penutupan oleh Kapusdiklat Teknis sekaligus Plt. Kapus Diklat Menpim Bapak Syamsul Arief, S.H, M.H. Dalam acara penutupan dihadiri oleh Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, Widyaiswara dan Pelatih. Dalam acara penutupan Kabid Penyelenggara Bapak Yustiar Nugroho, S.H, M.H, M.M. menyampaikan peringkat yang diraih oleh peserta selama mengikuti orientasi.

WhatsApp Image 2023 10 26 at 12.41.45

Diakhir penutupan Kapusdiklat Teknis sekaligus Plt. Kapus Diklat Menpim Bapak Syamsul Arief, S.H, M.H menyampaikan agar peserta semangat bekerja dengan ilmu yang sudah dibekali di Pusdiklat.

 

 

 

 

 

e court

Hubungi Kami

  Home Pengadilan Agama Tegal Kelas I. B

  crossroads 23760 Jl. Mataram No. 06 Margadana Tegal - Jawa Tengah

  phone icon Telp  (0283) 323228

  Fax icon Fax. (0283) 323228

 Instagram Pengadilan Agama Tegal

facebookPengadilan Agama Tegal

  email Email :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kami

© 2019 Team TI Pengadilan Agama Tegal

 

w3c html 5 w3c wai AAA