head web pa

Ujian Simulasi Praktik Sidang Semu Mahasiswa PPL STAI Al-Hikmah Bumiayu

Dilihat: 89

Ujian Simulasi Praktik Sidang Semu Mahasiswa PPL

STAI Al-Hikmah Bumiayu

Bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Tegal, pada Hari Kamis tanggal 31 Agustus 2023 telah dilaksanakan praktik Simulasi Sidang Semu oleh 7 Mahasiswa Magang Program Studi Hukum Keluarga Islam dari STAI Al-Hikmah Bumiayu. Diakhir masa praktikum di Pengadilan Agama Tegal, mahasiswa magang melaksanakan ujian simulasi praktik sidang dengan maksud untuk menambah ilmu dan pengetahuan mengenai perjalanan sidang dari awal hingga akhir, serta untuk memenuhi nilai pada SKS Simulasi Praktik Sidang Semu dari Kampus tersebut.

 WhatsApp Image 2023 08 31 at 14.32.13

Turut hadir dalam Ujian Simulasi Praktik Sidang Semu adalah Wakil Ketua dan Hakim Pengadilan Agama Tegal Ibu Nofia Mutiasari, S.Ag., M.H. dan Drs. Asnawi, S.H., M.H. sebagai Penguji. Dalam Ujian Simulasi Praktik Sidang Semu Mahasiswa PPL STAI Al-Hikmah Bumiayu tersebut mengangkat kasus tentang Cerai Talak. Mahasiswa PPL tersebut mempraktikkan proses persidangan pertama hingga Pembacaan Putusan (persidangan terakhir) dari kasus cerai telak tersebut.

 WhatsApp Image 2023 08 31 at 15.57.02

Sidang Semu ini dimaksudkan untuk membekali skills dan pengetahuan kepada Mahasiswa PPL terkait dengan praktik sidang cerai talak, mulai dari pembukaan sidang, pemeriksaan surat-surat terkait keabsahan kuasa hukum, proses mediasi, pembacaan gugatan dan Jawab Jinawab (Replik Duplik), Pemeriksaan Alat Bukti dan saksi-saksi, Penyampaian Kesimpulan, Musyawaran Majelis dan Pembacaan Putusan serta penjelasan tentang upaya hukum yang dapat ditempuh apabila ada pihak yang tidak puas dengan isi putusan.

WhatsApp Image 2023 08 31 at 15.57.02 1

 

Praktik Sidang Semu ini dilaksanakan dengan penuh antusias dan semangat oleh seluruh mahasiswa sesuai dengan perannya masing-masing. (hfs)

e court

Hubungi Kami

  Home Pengadilan Agama Tegal Kelas I. B

  crossroads 23760 Jl. Mataram No. 06 Margadana Tegal - Jawa Tengah

  phone icon Telp  (0283) 323228

  Fax icon Fax. (0283) 323228

 Instagram Pengadilan Agama Tegal

facebookPengadilan Agama Tegal

  email Email :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kami

© 2019 Team TI Pengadilan Agama Tegal

 

w3c html 5 w3c wai AAA