head web pa

WKPA Tegal Pimpin Prosesi Khotmil Quran di Musholla Almahkamah

Dilihat: 633

WAKIL KETUA PA TEGAL PIMPIN PROSESI KHOTMIL QURAN DI MUSHOLLA  ALMAHKAMAH

1651051015099

Wakil Ketua PA Tegal, Abdul Rouf, S.Ag., M.H. (kanan) menyampaikan ceramahnya sesaat sebelum rangkaian prosesi khotmil quran dimulai, Selasa (26/04/22)

 

Tegal I pa-tegal.go.id

Tadarus alquran merupakan salah satu ibadah sunah yang jamak ditunaikan di bulan Ramadhan. Baik dilakukan secara sendiri atau berjamaah. Begitupun di Pengadilan Agama Tegal. Selama Ramadhan telah dilakukan tadarus alquran selama 4 minggu. Tadarus biasa digelar usai salat dzuhur.

Awalnya 30 juz alquran dibagi oleh Takmir Musholla Almahkamah PA Tegal dengan jumlah pegawai yang ada di PA Tegal. Jumlah pegawai yang tidak sebanding dengan jumlah juz alquran memaksa beberapa pegawai menyelesaikan lebih dari satu juz alquran. Terutama pimpinan, hakim dan pegawai yang dianggap mampu. Sistem ini bertahan selama dua minggu. Tiap minggunya, 30 juz tersebut diselesaikan seluruhnya.

Kemudian, pada minggu ketiga sistem tadarus diubah. Dibentuk 3 kelompok dimana tiap kelompok dijatah menyelesaikan 10 juz. 3 kelompok tersebut masing-masing dimentori oleh Ketua PA Tegal, Senen, S.Ag., M.H., Wakil Ketua PA Tegal, Abdul Rouf, S.Ag., M.H. dan Hakim PA Tegal, H. Fitriyadi, S.HI., S.H., M.H. Dengan sistem ini, setiap juz dibaca bergiliran per lembar sehingga mentor mengetahui anggota kelompok yang belum lancar dan fasih membaca alquran.

Memasuki tanggal 24 Ramadhan 1443 Hijriah, tadarus alquran di PA Tegal selesai dilaksanakan. Wakil Ketua PA Tegal memimpin prosesi khotmil quran di Musholla Almahkamah PA Tegal, tepat usai Kultum Bakda Dzuhur, Selasa (16/04/222).

Prosesi khotmil quran berlangsung khidmat. Peserta mendapat secara bergiliran membaca surah Adduha hingga Annas. Prosesi ditutup dengan do’a oleh WKPA Tegal.

Dalam ceramahnya sebelum khotmil quran, WKPA Tegal menyampaikan bahwa alquran merupakan pedoman hidup setiap muslim. Karenanya, jangan hanya dibaca saja. Tapi, harus juga dipelajari dipahami dan diamalkan dalam kehidupan sehari hari.

Dijelaskan lebih lanjut oleh WKPA Tegal, turunnya alquran di bulan Ramadhan menjadikan bulan tersebut bulan paling mulia. Karena alquran diturunkan pada malam seribu bulan atau lalilatul qadr yang hanya ada pada bulan Ramadhan.

Diakhir ceramahnya, WKPA Tegal mengajak peserta khotmil quran untuk selalu membaca dan mengkhatamkan alquran. Minimal sebulan sekali. Jika tidak bisa, setahun sekali.

WKPA Tegal juga mengharapkan agar seluruh Pegawai PA Tegal selalu untuk berprasangka yang baik kepada Allah dan kepada setiap kejadian yang menimpanya.

“Buang selalu prasangka buruk kepada Allah atau kepada tiap kejadian yang menimpa saudara. Selalulah berprasangka baik. Karena dalam Hadis Qudsi, Allah berfirman bahwasanya Allah SWT sesuai prasangka hamba-Nya. Maka hendaklah selalu berprasangka baik kepada Allah SWT”. Tutup WKPA Tegal. (t.rom)

Add comment


Security code
Refresh

e court

Hubungi Kami

  Home Pengadilan Agama Tegal Kelas I. B

  crossroads 23760 Jl. Mataram No. 06 Margadana Tegal - Jawa Tengah

  phone icon Telp  (0283) 323228

  Fax icon Fax. (0283) 323228

 Instagram Pengadilan Agama Tegal

facebookPengadilan Agama Tegal

  email Email :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kami

© 2019 Team TI Pengadilan Agama Tegal

 

w3c html 5 w3c wai AAA