head web pa

Kultum H. Fitriyadi : Perbanyak Zikrullah Saat Puasa Agar Hati Tenteram

Dilihat: 741

KULTUM H. FITRIYADI : PERBANYAK ZIKRULLAH SAAT PUASA AGAR HATI TENTERAM

WhatsApp Image 2022 04 18 at 13.16.03

Hakim PA Tegal, H. Fitriyadi, S.HI., S.H., M.H. (kanan) saat mengisi Kultum Ramadhan, Senin (18/04/2022)

 

Tegal I pa-tegal.go.id

Puasa atau Ash-Shaum secara bahasa memiliki makna “menahan diri dari sesuatu”. Sedangkan secara istilah, puasa berarti “menahan diri dari makan, minum, hubungan seksual dan segala hal yang membatalkan, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari semata-mata karena Allah SWT. Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh H. Fitriyadi, S.HI., S.H., M.H. saat mengisi Kultum pada Ramadhan keenam belas, Senin (18/04/22), dihadapan Jamaah Salat Dzuhur Musholla Almahkamah PA Tegal.

Apabila dikaitkan dengan pengertian puasa secara istilah, maka Pegawai PA Tegal harus bisa menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa selama Ramadhan ini. Bukan menahan diri untuk melakukan pekerjaan. Jadi, menurut Hakim PA Tegal tersebut, menunda-nunda menyelesaikan suatu pekerjaan yang seharusnya bisa selesai, tidak diperbolehkan.

Menurut H. Fitriyadi, bekerja melayani masyarakat bagi seorang ASN dan PPNPN merupakan suatu kewajiban. Jika seorang ASN atau PPNPN menahan diri untuk menyelesaikan pekerjaannya alias menunda-nunda pekerjaan, maka masyarakat lah yang dirugikan.

Pada Kultum tersebut, H. Fitriyadi mengajak Jamaah Musholla Almahkamah yang juga Warga PA Tegal untuk mengisi Ramadhan kali ini dengan memperbanyak zikir kepada Allah SWT. Sejatinya, zikir wujud seorang muslim untuk ingat Allah. Zikir bisa dilakukan disela-sela menyelesaikan pekerjaan.

“Tidak perlu zikir yang berat-berat. Cukup dengan zikir yang ringan-ringan saja. Sering-seringlah baca kalimat, Subhanallah Wa Bi Hamdih dan Subhanallahil Azhim”, tutur H. Fitriyadi.

Ditambahkan H. Fitriyadi, kedua kalimat zikir tersebut merupakan zikir yang paling ringan. Namun berat timbangan pahalannya dan disukai oleh Allah SWT, sesuai Hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Imam Muslim.

H. Fitriyadi menutup Kultumnya dengan mengajak hadirin untuk memperbanyak zikir mengingat Alla SWT. Karena menurut Surah Ar-Rad ayat 28, zikir kepada Allah akan menjadikan hati tenteram. (t.rom)

Add comment


Security code
Refresh

e court

Hubungi Kami

  Home Pengadilan Agama Tegal Kelas I. B

  crossroads 23760 Jl. Mataram No. 06 Margadana Tegal - Jawa Tengah

  phone icon Telp  (0283) 323228

  Fax icon Fax. (0283) 323228

 Instagram Pengadilan Agama Tegal

facebookPengadilan Agama Tegal

  email Email :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kami

© 2019 Team TI Pengadilan Agama Tegal

 

w3c html 5 w3c wai AAA