Ketua

Please update your Flash Player to view content.

PROSEDUR KEBERATAN PELAYANAN INFORMASI

 

A

Syarat dan Prosedur Pengajuan 

 

1

Pemohon berhak mengajukan keberatan dalam  hal ditemukannya alasan sebagai berikut: 

 

 

a

Adanya penolakan atas permohonan informasi; 

 

 

b

Tidak disediakannya informasi  yang wajib diumumkan  secara berkala; 

 

 

c

Tidak ditanggapinya permohonan informasi; 

 

 

d

Permohonan ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta; 

 

 

e

Tidak dipenuhinya permohonan informasi; 

 

 

f

Pengenaan biaya yang tidak wajar; dan/atau 

 

 

g

Penyampaian informasi melebihi waktu yang diatur dalam Pedoman ini. 

 

2

Keberatan ditujukan kepada Atasan PPID melalui Petugas Informasi oleh Pemohon atau kuasanya. 

B

Registrasi 

 

1

Petugas informasi wajib memberikan formulir keberatan kepada pemohon untuk diisi dan membantu pengisiannya jika  diperlukan. 

 

2

Petugas  Informasi  langsung memberikan salinan  formulir  keberatan  sebagai tanda terima pengajuan keberatan. 

 

3

Petugas Informasi wajib mencatat pengajuan keberatan dalam register Keberatan dan meneruskannya kepada   atasan PPID dengan tembusan   kepada  PPID dalam waktu selambat-lambatnya 2 (dua) hari kerja sejak permohonan diajukan. 

C

Tanggapan Atas Keberatan 

 

1

Atasan PPID wajib memberikan tanggapan dalam bentuk keputusan tertulis yang  disampaikan kepada Petugas PPID dengan tembusan kepada PPID selambat-lambatnya dalam  waktu 20  (dua puluh) hari sejak dicatatnya pengajuan keberatan tersebut dalam register keberatan. 

 

2

Keputusan tertulis sebagaimana dimaksud sekurang-kurangnya memuat : 

 

 

a

Tanggal pembuatan surat tanggapan atas keberatan; 

 

 

b

Nomor surat tanggapan atas keberatan; 

 

 

c

Tanggapan/jawaban tertulis atasan PPID atas keberatan yang diajukan yang berisi salah satu atau beberapa hal sebagai berikut: 

 

 

 

(i)

Mendukung sikap atau putusan PPID disertai alasan dan pertimbangan yang jelas; 

 

 

 

(ii)

Membatalkan  putusan PPID dan/atau  memerintahkan  PPID untuk memberikan sebagian  atau  seluruh   informasi   yang   diminta   kepada Pemohon dalam  jangka waktu  tertentu selambat-lambat  14 (empat belas) hari kerja; 

 

 

 

(iii)

Memerintahkan PPID untuk menjalankan kewajibannya dalam memberikan   pelayanan  informasi   sesuai   dengan   Undang-undang   dan peraturan yang berlaku dalam jangka waktu tertentu selambat-lambat 14 (empat belas) hari kerja; 

 

 

 

(iv)

Menetapkan biaya yang wajar  yang dapat  dikenakan   kepada  pemohon informasi; 

 

 

 

(v)

Petugas  Informasi menyampaikan atau mengirimkan  keputusan  Atasan   PPID kepada Pemohon atau kuasanya selambat-lambatnya dalam waktu 2 (dua) hari kerja  sejak menerima  tanggapan dari Atasan PPID dan ditembuskan ke PPID serta Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat Mahkamah Agung. 

 

3

Pemohon  yang mengajukan keberatan yang tidak puas dengan keputusan atasan PPID berhak mengajukan permohonan penyelesaian sengketa Informasi kepada Komisi Informasi selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja sejak diterimanya keputusan atasan PPID.

 

 

Pilih Bahasa

English French German Italian Portuguese Russian Spanish

Foto Pegawai

Link Terkait