Ketua

Please update your Flash Player to view content.

PEGAWAI PENGADILAN AGAMA TEGAL

IKUTI UPACARA HARI SUMPAH PEMUDA

KE-89 TAHUN 2017

 IMG20171027074828.jpg

 

 

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Pengadilan Agama Tegal dilaksanakan hari ini, Jum’at (27/10) di Halaman Depan Pengadilan Agama Tegal. Wakil Ketua Pengadilan Agama Tegal, Drs. H. Abdan Khubban, M.H bertindak sebagai pembina upacara dengan para hakim dan seluruh Pegawai Pengadilan Agama Tegal sebagai peserta upacara.

 Wakil Ketua Pengadilan Agama Tegal yang membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olah Raga RI mengatakan bahwa “delapan puluh sembilan tahun yang lalu Para Pemuda Indonesia telah mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa, yaitu Indonesia. Sungguh sebuah ikrar yang sangat monumental bagi perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Ikrar ini nantinya, 17 tahun kemudian melahirkan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, tanggal 17 Agustus 1945”

Dengan mengusung tema “Pemuda Indonesia Berani Bersatu” mengandung pesan bahwasanya meski para pemuda mempunyai latar belakang agama, suku, bahasa dan adat istiadat yang berbeda-beda, namun fakta sejarah menunjukkan bahwa sekat dan batasan-batasan tersebut tidak menjadi halangan bagi para pemuda Indonesia untuk bersatu demi cita-cita besar Indonesia. Inilah yang kita sebut dengan “BERANI BERSATU”.

Lebih lanjut Wakil Ketua Pengadilan Agama Tegal mengatakan bahwa “Api sumpah pemuda harus kita ambil dan terus kita nyalakan. Kita harus berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Kita juga harus berani melawan ego kesukuan, keagamaan dan kedaerahan kita. Ego ini yang kadang kala mengemuka dan menggerus persaudaraan kita sesama anak bangsa. Kita harus berani mengatakan bahwa Persatuan Indonesia adalah segala-galanya, jauh di atas persatuan keagamaan, kesukuan, kedaerahan apalagi golongan.

Setelah beliau membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olah Raga RI, beliau mengatakan bahwa pelaksanaan upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini dilaksanakan tidak pada tanggal 28 Oktober 2017, hal ini karena mengacu pada Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 939/SEK/HM.01.2/10/2017 tanggal 25 Oktober 2017 tentang Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-89 Tahun 2017 yang menginstruksikan kepada seluruh Pengadilan pada empat lingkungan peradilan untuk menyelenggaraan upacara bendera dalam rangka Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-89 Tahun 2017 pada hari Jum’at, tanggal 27 Oktober 2017.

Pada upacara tersebut dibacakan juga Undang-Undang Dasar Tahun 1945 oleh Nur Khikmah, S.H.I, pembacaan Putusan Kongres Pemuda Indonesia Tahun 1928 yang dibacakan oleh Rizal Fahmi, S.H.I dan sebelumnya telah dikibarkan Bendara Merah Putih dengan dipandegani oleh M. Nashir al Muqsith, ST., Waskito, S.H dan Rifka Fatin Khamamah, S.Sy.

 IMG20171027071633.jpg

Usai upacara dilanjutkan dengan sesi foto bersama seluruh peserta Upacara Peringatan Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-89 Tahun 2017 (ar-1972).

KAMI PUTERA PUTERI INDONESIA MENGAKU

BERTUMPAH DARAH YANG SATU, TANAH INDONESIA

KAMI PUTERA DAN PUTERI INDONESIA MENGAKU

BERBANGSA YANG SATU, BANGSA INDONESIA

KAMI PUTERA DAN PUTERI INDONESIA MENJUNJUNG

BAHASA PERSATUAN, BAHASA INDONESIA

IMG20171027081239.jpg

Pilih Bahasa

English French German Italian Portuguese Russian Spanish

Foto Pegawai

Link Terkait