Ketua

Please update your Flash Player to view content.

 

 

Kegiatan PPL Peradilan merupakan salah satu wujud kerja sama antara Pengadilan Agama Tegal dengan IAIN Pekalongan yang kegiatannya dilaksanakan setiap tahunnya. Oleh karena itu selaku pimpinan Pengadilan Agama Tegal menyampaikan apresiasi yang positif atas kegiatan PPL Peradilan ini dengan harapan agar untuk ke depannya kerja sama ini bisa ditingkat kembangkan. Imbuh Ketua Pengadilan Agama Tegal sembari mengakhiri sambutannya dengan memohonkan maaf apabila dalam penyediaan fasilitas selama PPL Peradilan ini masih ada ditemukan kekurangan-kekurangan.

Sementara itu Azimar Rusydi, S.Ag. M.H., yang ditunjuk sebagai Hakim Pembimbing dalam PPL Peradilan, dalam laporannya mengatakan bahwasanya selama melaksanakan PPL Peradilan di Pengadilan Agama Tegal, para mahasiswa secara langsung melakukan kegiatan-kegiatan dalam bentuk Pengamatan Terlibat, Praktik Peradilan dan Observasi baik di Bagian Kesekretariatan maupun Kepaniteraan. Mahasiswa juga diberi kesempatan untuk melihat langsung jalannya persidangan, hal ini dikandung maksud supaya mendapatkan gambaran antara teori-teori yang selama ini diterima pada mata kuliah Hukum Acara di Indonesia, Kepaniteraan, Yurisprudensi, Hukum Perkawinan di Indonesia, Hukum Kewarisan di Indonesia dan Sejarah Peradilan Indonesia dengan aplikasi yang ada di lapangan dalam hal ini di Pengadilan Agama Tegal. Selain melihat langsung jalannya persidangan, pada sesi akhir PPL Peradilan ini, mahasiswa juga melakukan Praktek Persidangan yang dalam praktek persidangan tersebut masing-masing mahasiswa menjalankan berbagai peran baik sebagai Ketua Majelis, Hakim Anggota maupun bertindak sebagai Panitera Sidang. Pemberian materi berupa teori juga tetap diberikan oleh hakim pembimbing baik dalam bentuk pengarahan maupun dalam bentuk tanya jawab selama mahasiswa melakukan PPL Peradilan terutama tanya jawab yang berkait erat dengan proses jalannya persidangan.

IMG-20170809-WA0010.jpg

Mahasiswa Sedang Melakukan Input SIPP

20292751_10212004146930258_4610451044131163732_n.jpg

Usai Mengikuti Persidangan

IMG-20170809-WA0014.jpg

Simulasi Persidangan

Sementara itu, Rinda Asytuti, M.Si., salah satu dosen di Fakultas Syariah IAIN Pekalongan yang ditunjuk sebagai Dosen Pembimbing PPL Peradilan di Pengadilan Agama Tegal menyatakan bahwa atas nama pembimbing dan atas nama IAIN Pekalongan memohonkan maaf manakala selama manjalankan PPL Peradilan ini para mahasiswa melakukan hal-hal yang tidak berkenan. Ungkapan terima kasih juga disampaikan atas sambutan dan perlakuan yang diberikan kepada mahasiswa IAIN Pekalongan yang melaksanakan PPL Peradilan di Pengadilan Agama Tegal dengan harapan bahwa apa yang telah diperoleh mahasiswa selama melaksanakan PPL Peradilan ini nanti bermanfaat bagi mahasiswa yang bersangkutan terlebih lagi bila nantinya dari mahasiswa ini ada yang dapat diterima sebagai hakim di lingkungan peradilan agama.

Mengakhiri kata sambutannya, dosen yang sedang menempuh program Doktoral di UIN Jakarta ini, menyatakan atas nama Rektor IAIN Pekalongan menarik kembali 6 (enam) mahasiswanya dari kegiatan PPL Peradilan Agama Tegal yang terdiri atas Emiliyandani Kurniaswari, Evi Wahyu Septiani, Khitmatul Illa dari jurusan Hukum Keluarga Islam dan Aryani Fauzana Dewi Silvi Alfiyah dan Rizka Arum Puspita dari jurusan Hukum Ekonomi Syari’ah. (ar-1972)

Pilih Bahasa

English French German Italian Portuguese Russian Spanish

Foto Pegawai

Link Terkait